November 9, 2015

Rukun Islam

Rukun Islam ada 5 yaitu :


1. Mengucapkan dua kalimat syahadat. Artinya: bersaksi atau mengakui bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah. Dan bersaksi atau mengakui,bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.

Syahadat  ini memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

2. Mengerjakan sholat lima waktu sehari semalam


Shalat merupakan ibadah yang sangat agung kedudukannya dan Shalat mendapat perhatian dan prioritas utama dalam Islam. Keutamaan salat dan kedudukannya diantara ibadah-ibadah yang lain telah dijelaskan dalam Islam. Ia merupakan sarana penghubung antara seorang hamba dengan Tuhannya. Ia juga merupakan gambaran ketaatan seorang hamba akan segala perintah Tuhannya.

3. Mengeluarkan zakat.

Zakat adalah kewajiban menyisihkan jenis harta tertentu untuk disalurkan kepada sekelompok orang
tertentu pada waktu tertentu.


4. Berpuasa pada bulan Ramadhan.


Puasa Merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya. Seorang hamba meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya demi Allah. Hal itu di antara sarana terbesar mencapai taqwa kepada Allah ta’ala.

5. Menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu


Menunaikan haji di Mekah bagi yang mampu. Haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah ta’ala dengan ruh, badan dan harta.




 
close