November 10, 2015

Arti Mushalla

Mushala atau Musholla (Arab: مصلّى) adalah
Tempat atau rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai tempat mengaji dan shalat bagi umat Islam. Musala juga sering disebut dengan surau atau langgar.
Fungsinya menyerupai masjid, namun ada beberapa hal yang membedakannya dengan masjid, yaitu:
§  Tidak dapat dipergunakan untuk salat Jumat

§  Umumnya berukuran lebih kecil daripada masjid




1.“ Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan di hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk ” (At-Taubah: 18)

2. "Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar taqwa kepada Allah sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Sesungguhnya Allah menyukai kepada orang- orang yang membersihkan diri".
(At-Taubah: 108)

3. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir dilipatkan menjadi seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapayang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”
(Al-Baqarah: 261)

4. "Barang Siapa yang datang dengan kebaikan, maka baginya balasan sepuluh kali lipat".
(Al-An’am: 160)

 
close