April 4, 2016

Nasehat Imam Ghazali

As-Syech abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali atau lebih dikenal dengan sebutan Iman Al-Ghozali seorang tokoh besar dalam sejarah Islam, Beliau adalah pengarang kitab Ihya’Ulumudin. Suatu hari Beliau mengajukan Enam pertanyaan pada saat berkumpul dengan murid-muridnya. 

Pertanyaan Pertama

Imam Ghazali : "wahai para murid-muridku, aku ingin bertanya 6 hal pada kalian. yang Pertama aku ingin bertanya, menurut kalian apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"

Murid-Murid :"Orang tua..Saudara.. teman..kerabat"

Imam Ghazali : "Jawaban kalian tidak ada yang salah. Namun hal yang paling dekat dengan kita adalah mati. Karena itu adalah janji Allah SWT dalam Al-Qur'an. Bahwa setiap yang bernyawa pasti mati." 



Pertanyaan Kedua

Imam Ghazali : "Wahai muridku, sekarang menurut kalian, apakah yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?"

Murid-murid :"Matahari..Bintang..Bulan.."

Imam Ghazali : "Sekali lagi. Jawaban kalian tidak salah. Namun, sesuatu yang paling jauh dan kita tidak akan pernah sampai ke sana adalah masa lalu. sekeras apapun usaha kita, tetap kita tidak akan pernah bisa kembali ke sana lagi. Oleh karena itu, kita harus menjaga perbuatan hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang baik sesuai ajaran agama. Karena penyesalan di kemudian hari tidak akan pernah bisa membuat kita kembali ke masa lalu. Yang ada hanya penyelasan."



Pertanyaan Ketiga

Imam Ghazali : "Kemudian, pertanyaan ketiga. Menurut kalian apakah yang paling besar di dunia ini?"

Murid-murid : "Gunung..Bumi..Lautan..Matahari"

Imam Ghazali : "kalian tidak pernah salah menjawab. semuanya benar. Namun ada yang paling besar yang sering kali sulit ditaklukan oleh manusia. Yaitu hawa nafsu. Berhati-hatilah dengan hawa nafsu kita. karena dia bisa menjadi lubang terbesar dalam hidup kita yang akan menjerumuskan kita ke neraka."



Pertanyaan Keempat

Imam Ghazali : "Pertanyaanku yang keempat. Menurut kalian, apakah yang paling berat di dunia ini?"

Murid-murid : "Besi..Baja..Gajah.."

Imam Ghazali : "Sekali lagi. Aku tidak menyalahkan jawaban kalian. Itu semua benar. tapi ada yang lebih berat bahkan ini yang paling berat di dunia ini daripada semua itu. Yaitu Amanah. Tumbuh-tumbuhan, binatang, bahkan malaikatpun menyatakan tidak sanggup ketika Allah meminta mereka menjadi khalifah. Tapi manusia dengan sombongnya mengatakan bahwa dirinya mampu. Sehingga banyak manusia yang terjerumus ke neraka kelak karena tidak bisa menjaga amanahnya"



Pertanyaan Kelima

Imam Ghazali : "Selanjutnya. Apakah yang paling ringan di dunia ini?"

Murid-murid : "Kapas..Debu..Angin"

Imam Ghazali : "Sekali lagi, semua itu benar. kapas memang ringan begitu juga debu dan angin. tapi kalian tahu apa yang lebih ringan dan paling ringan di antara semuanya? yaitu meninggalkan sholat. Banyak perkara di dunia ini yang membuat kita begitu mudah untuk meninggalkan sholat. Bahkan banyak yang meninggalkan sholat tanpa alasan. Dan lebih buruknya lagi, banyak yang meninggalkan sholat tanpa ada penyesalan dan rasa berdosa pada Allah."



Pertanyaan Keenam

Imam Ghazali : "Ini adalah pertanyaan terakhirku. aku harap kalian bisa menjawabnya dengan tepat. Apakah yang paling tajam menurut kalian di dunia ini"

Semua muridpun menjawab serentak dengan jawaban yang sama

Murid-murid : "Pedang!!!"

Imam Ghazali dengan tersenyum pun kembali menjelaskan.

Imam Ghazali : "Kalian benar. Pedang memang tajam dan bisa memotong apapun. Tapi kalian harus tahu, bahwa ada yang lebih tajam dari pada pedang yang paling tajam di dunia ini. Yaitu Lidah manusia. Karena dengan lidah, manusia bisa dengan mudah menyakiti dan melukai hati saudaranya sendiri. dari lidah pula bisa muncul fitnah. Bahkan lidah bisa saja membunuh dan membinasakan orang lain jika kita tidak hati-hati menjaganya"






0 comments:

Post a Comment

 
close