December 10, 2015

Program : One Day One Ayat (Remembering Al Qur’an)

Pemerintah Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, telah meluncurkan One Day One Ayat, program menghafal satu ayat Alquran dalam satu hari.


Tujuan dari program ini untuk membentuk generasi yang Qurani di masa depan. Program ini sesuai dengan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh.

Mekanisme hafalan nanti antarsekolah berbeda. Tapi yang jelas program 'satu hari satu ayat' menghafal secara berurutan yang akan ditentukan guru.


Misalnya hari ini, ditentukan ayat ini dihafal. Besoknya siswa membaca ayat yang dihafal tersebut yang diawasi guru. Hari selanjutnya menghafal ayat sambungan sebelumnya hingga seterusnya.

Program ini ditetapkan tiap sekolah, Karena program ini akan terus berlanjut ke depan.
pemerintah Kota Banda Aceh, terus berupaya memotivasi masyarakat menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup, antara lain dengan menggencarkan program menghafal Alquran.

Program one day one ayat ini diadopsi dari metode Ustaz Yusuf Mansur akan diterapkan pada semua SLTA/sederajat di Banda Aceh.



Diharapkan lulusan sekolah di Banda Aceh nantinya mampu menghafal Alquran. Karena program ini sangat efektif dan memudahkan bagi siswa menghafal Alquran

Ustaz Yusuf Mansur merupakan salah satu dai terkenal yang mengajak umat muslim untuk hafal Alquran. Pimpinan Pesantren Daarul Quran Jakarta ini datang ke Banda Aceh untuk mengisi ceramah agama dalam wisuda akbar tahfizul Quran.

Metode One Day One Ayat yang disampaikan oleh Ustad YM kurang lebih adalah sebagai berikut :

1) Setiap hari hanya menghafal satu ayat, diulang-ulang masing-masing 20 kali. Jika ayatnya panjang bisa dipenggal-penggal menjadi 2- 3 penggal dan masing-masing diulang 20 kali.
2) Misal : hari pertama mengahaf QS.Al Baqoroh ayat 1 (diulang 20 kali). Hari ke-2 mengahafal ayat 2 (diulang 20 kali), nah pada hari ke-2 berarti menghafal ayat 2 dan sekalian menyambungkan hafalan hari 1. Jadi di hari ke-2 sudah hafal ayat 1 dan 2. Hari ke-3,4,5 dan seterusnya juga berlaku sama.
3) Dan jika ayatnya sangat panjang bisa dijadikan menjadi 2 hari hafalan, jadi dalam satu hari mengahafal setengah ayat dan setengah lanjutannya dihafal hari berikutnya.
4) Dalam hafalan metode ini, harus rajin dan sabar.
TIPS menghafal Al Qur’an menurut Ustad Yusuf Mansur :
1. Menggunakan mushaf yang sama, sebaiknya tidak mengganti mushaf yang digunakan untuk hafalan karena saat proses menghafal maka otak kita juga meotret setiap baris, kalimat demi kaliamat terutama kaliamat pertama dan kaliamat terakhir setiap lembarnya.
2. Jika kita termasuk pelupa, maka bisa menyediakan beberapa mushaf dengan tipe dan jenis yang sama persis. Misal diletakkan di meja kerja, di kamar, di mobil, di kantor, dll.
3. Setiap akan mengahafal Al Qur’an disunahkan mempunyai wudhu, awali dengan ta’awudz dan basmalah.
4. Praktekkan ayat-ayat hafalan dalam sholat sunnah
5. Selalu berdoa kepada Allah untuk kita diberikan kemudahan dalam proses menghafal Al Qur’an. 
KENDALA selama menghafal :
Tentunya ada kendala selama melaksanakan yaitu :
1. Maksiat kepada Allah. Selama menghafal Al Qur’an hati harus selalu bersih dan tawaddhu kepada Allah. Jangan melakukan maksiat walaupun hanya sendiri. Ketahuilah Allah SWT selalu melihat kita. Allah Maha Melihat.
2. Sikap malas. Kendala tersebut adalah kendala  yang sangat besar. Namun dengan tekad yang besar dan goal yang jelas pasti kendala tersebut bisa diatasi.
3. Inkonsistensi. Tidak konsisten dalam menghafal, hal ini salah satu yang menghambat proses hafalan.Karena dengan tidak konsisten dalam menghafal berefek ‘lupa dengan hafalan’.
Yuk tambah hafalan Al Qur’an kita sekarang.
Dengan One Day One Ayat, Menghafal Al Qur’an jadi lebih mudah dan 
bukan hanya mimpi. KITA BISA !!! :)

0 comments:

Post a Comment

 
close