September 8, 2016

Fadhilah (Keuatamaan) Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Hari Arafah adalah hari ke-9 dalam bulan Dzulhijjah dan merupakan hari ke-2 dalam ibadah haji. Hari Arafah merupakan hari yang istimewa karena pada hari itu Allah SWT membanggakan hamba-Nya yang berkumpul di Arafah kepada para malaikat. Salah satu amalan utama di awal Dzulhijjah adalah puasa Tarwiyah dan puasa Arafah, puasa Tarwiyah (merenung atau berfikir) adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yakni 8 Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf. dan Puasa Arafah yakni puasa pada hari Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki  keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim pun. Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji. 

Hukum melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah adalah Sunnah Muakkadah atau sangat dianjurkan bagi seluruh kaum muslimin.
Berikut beberapa Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah :
1. Barangsiapa yang menjalankan puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun yang lalu yang telah terlewati


2. Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)
3. Di antara keutamaan hari Arafah, termasuk menjaklankan ibahda puasa arafah sebagaimana dalam hadits Imam Muslim No 1348 dari aisyah “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah di hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat.

4. Do'a-Do'a Di Ijabah oleh Allah swt. 
Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah.” Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 3585.  Maksudnya, inilah doa yang paling cepat dan mudah dipenuhi atau dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi hendaklah kaum muslimin memanfaatkan waktu ini untuk banyak berdoa pada Allah.

5. Pahala dilipatgandakan
Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh imam Tirmizi :”Tidak ada hari-hari yang lebih disukai Allah untuk digunakan dalam beribadah sebagaimana halnya hari-hari sepuluh pertama bulan Dzulhijjah. Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun, shalat pada malam harinya sama dengan mengerjakan shalat pada malam lailatul qadar.


6. Dan yang melaksanakan dua puasa ini akan dianugerahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan :
- Allah akan memberi keberkahan pada kehidupannya
- Allah akan menambah hartanya
- Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya
- Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu
- Allah akan melipat gandakan amal dan ibadahnya
- Allah akan memudahkan kematiannya
- Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah
- Allah akan memberatkan amal timbangan baiknya di Padang Mahsyar
- Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini
- Allah akan menaikkan martabatnya di sisi-Nya


    * hari Tarwiyah juga

0 comments:

Post a Comment

 
close