March 8, 2016

Sunnah Rasul Saat Terjadi Gerhana


Berikut panduan amalan ketika terjadi Gerhana sesuai sunnah Rasulullah SAW. :

5 amalan sunnah yang diperintahkan Rasulullah ketika terjadi gerhana adalah sebagai berikut:

1. Shalat gerhana

Para ulama sepakat, hukum shalat gerhana adalah sunnah muakad yakni sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat gerhana matahari disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah dengan dua rakaat. Masing-masing rakaat ruku’ dua kali.
Bagi yang Menyaksikan Gerhana Hendaklah Melaksanakan Shalat Gerhana.
Waktu pelaksanaan shalat gerhana adalah mulai ketika gerhana muncul sampai gerhana tersebut hilang.
Mengerjakan shalat gerhana secara berjama’ah di masjid.
Wanita boleh ikut serta melakukan shalat gerhana bersama kaum pria di masjid. Namun, jika ditakutkan keluarnya wanita tersebut akan membawa fitnah (menggoda kaum pria), maka sebaiknya mereka shalat sendiri di rumah.
Menyeru jama’ah dengan panggilan ‘ASH SHALATU JAMI’AH’ (mari kita lakukan shalat berjama’ah). dan tidak ada adzan maupun iqomah.
Berkhutbah setelah shalat gerhana.

2. Berdoa

Pada saat gerhana matahari, kita dianjurkan untuk banyak berdoa kepada Allah. Bahkan dalam satu riwayat disebutkan para sahabat berdzikir dan berdoa hingga gerhana selesai. Di antara keutaman doa ketika gerhana ini, doa-doa tersebut insya Allah mustajab. Dikabulkan oleh Allah Azza wa Jalla.

3. Berdzikir dan membaca takbir

Amal lain yang disunnahkan pada saat gerhana adalah berdzikir. Dzikir apa? Dzikir apa saja yang termasuk kalimat thayyibah, terutama takbir karena disebutkan secara khusus dalam hadits tersebut. Yang perlu dipahami, membaca takbir ketika terjadi gerhana tak perlu keras-keras. Cukup didengar oleh dirinya sendiri.

4. Beristighfar

Amal yang juga dianjurkan ketika terjadi gerhana adalah bersitighfar. Memohon ampun kepada Allah. sebagaimana doa yang dikabulkan, memohon ampunan pada momen ini insya Allah membuat dosa-dosa diampuni.


5. Bersedekah

Jika keempat amal lainnya adalah amal fisik yang menuntut tenaga fisik dan ucapan, amal kelima ini mengorbankan sebagian harta. Bersedekah. Sedekah dalam arti luas. Kepada siapa saja terutama yang membutuhkan

Nasehat :
ketika terjadi gerhana maka manusia terbagi menjadi 3 bagian :
1. orang-orang jahiliah kuno, mereka memukul-mukul lesung, membangunkan ternak-ternak dan pohon-pohon kelapa, mereka punya anggapan dewa sedang murka.

2. orang-orang jahiliah modern, mereka menganggap hanya sekedar fenomena alam, lalu mereka menonton proses gerhana sebagai hiburan dan wisata mulai awal sampai selesai begitu saja tanpa mengerjakan amalan sunnah sama sekali.

3. orang-orang beriman yang selalu berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah SAW, mereka memperbanyak istighfar, sedekah, dan menunaikan shalat gerhana menghadap Rabbnya, dengan keyakinan di dalam perintah Allah SWT ada janji-janji Allah SWT.

maka perintahkan kepada semua umat Islam untuk banyak istighfar, sedekah, dan shalat yang panjang ketika gerhana nanti, mudah-mudahan Allah SWT menghindarkan umat ini dari musibah-musibah.
- KH. Uzairon Thaifur Abdullah -

0 comments:

Post a Comment

 
close